GANTI KARBURATOR
BYSON
Gua mau share ni seputar Byson gua, yang sejatinya si kebo hanya mampu lari sekitaran 110 kpj aja, tapi dah gua utak-atik nih my kebo.
Dimulai dari ban motor yang gua ganti lebih kecil, ban depan dah gua ganti lebih kecil (gak tau ukurannya).
Terus ban asli depan gua pindah ke velg belakang (buat pengiritan). Dan hasilnya lumayan, dpat menambah kecepatan lah pokokke, tapi buat belok miring agak gleyorrr...,
Yang kedua gua coba ganti karbu ori yang terkenal lemot dengan karbu pe28 (KWbanget) seharga kira-kira 170 rb-an. Gua cuma perlu ganti kabel gas doank (gak ada perubahan apapun di dalam karburator), tapi hasilnya putaran 4000-5000 rpm brebet parah, lama gua utak-atik, trus ama temen gua PJnya disubal pake kuningan kabel, dan masih agak brebet, terus jarum skepnya gua pindah ke posisi 2 dari atas.
Lanjut, gua pasang tuh songket dari karbu orinya ke kabel songket, tapi cuma gua cklekk doank, terus kabel chuck gak gua pasang, soalnya malah susah hidup mesinnya, shg gua subal pake filter rokok j***m. berikut gambarnya
Dan hasilnya tanpa brebet sedikitpun, dan yang lebih penting, ini murah banget, cuma paling 200 rb, tanpa perlu ganti cdi, coil dll. dan hasilnya 129++ km/jam pun mudah banget dicapai.
Mungkin cuma gear ke 3-4, dah sampe 100 kpj,.
Tapi emang bensinnya agak boros, dari rumah gua di candimulyo-muntilan PP habis 1 liter premium. dan juga lampu merah pada spedometer nyala terus.
dah dulu yaa...!! moga dapat bantu sesama penunggang kebo
Tps yang nempel di karbu vakum lama nya. pasang bro. Custom z. biar ga brebet d smua rpm ampe limit
BalasHapusCara pasang tps'y kaya gmana om??? Mohon penjelasan'y soal'y pnya saya brebet trus..
HapusIa nih, ada yg bilang per nya di tarik spejang panjangnya, trus ada juga yb bilang di potong 5ml aja,, hasilnya tetap nyeset bang,, udah hmpir setahun si kebo brebet terus,, bikin saya hilang percya diri,, mhon bantuanya yg bang...
BalasHapusIa nih, ada yg bilang per nya di tarik spejang panjangnya, trus ada juga yb bilang di potong 5ml aja,, hasilnya tetap nyeset bang,, udah hmpir setahun si kebo brebet terus,, bikin saya hilang percya diri,, mhon bantuanya yg bang...
BalasHapuspakai karbu gl pro aja,bro.
Hapuslancar jaya.
aku udh pakai 2 tahunan n gk ada masalah.
gk brebet sama sekali.
main jet nya pakai yg punya byson aja klo mau kebut2an
Itu gl pro yg mana bro?neotech kah?
HapusItu tinggal pasang atau ada setung lainny?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAsumsi saya ganti pj fan mjny sob,kalo saya smntra pake pe 28 nro
BalasHapuskalo byson saya 2012 pake pe 28 modif tali gas pake punya king, trus neddle nya di amplas dikit ato pake punya mx juga bisa ato standar ny jg bgus tpi dptong dkit ujung nya dirincingin lgi..alhmdllah dh 5 tahun gas pool mpe 145 tnpa ganti piston ato dll..nb: kain klos pake ninja 150
BalasHapusUkuran pj n mj yg dpki brp gan,. Trs dptong jarum apa neddlenya gan,.?
HapusMisi agan, mohon bantuannya nih, ane ada kendala.
BalasHapusAne baru ganti karbu pake PE 28, tp setelah di pasang kok brebet di putaran bawah (2000-4000an), trus sering nembak waktu lepas gas mau over gigi. Sdh ane coba berbagai cara masih gitu2 aja. Angin ane tutup, soalnya kl dibuka sedikit aja nembaknya makin parah.
Part yg ane pake CDI BRT Dual Band, Coil Bluethunder, knalpot R9, Blok/silinder ane pake paketan TDR 66mm. Mohon pencerahannya mastah. Tks
Coba ganti pilot jet dan main jet nya gan.
HapusDibesarin atau dikecilin gan? Yg skrg ane pake pj/mj=40/115
HapusSebelumnya ane pake bawakan karbu 42/153, susah hidup, trus ane ganti mj 115 bisa hidup tp brebet + nembak. Trus pilotjet mau ane turunin jd 38, tp di pasar lg kosong, jadi ane coba pake 40, brebet + nembaknya sdh gak separah di 42. Tapi masih gan. Apa harus diturunin lg?
HapusYg 38 gan.
HapusMain jet bawaan byson aja gan.
Soalnya 38 di pasar lg kosong gan, ada solusi laen gak?
HapusCm itu yg ane tau,gan.
HapusGanti pilot jet atau main di air screw nya gan.
Oke gan, ane coba lagi cari yg 38, tks pencerahannya gan
HapusSama2 gan.
HapusSalam srudukkk
38 / 120 ,coba aja, Klo brebet di rpm 4000 - 6000, setting Jarum skep nya, coba naik in atau turun in, 👍
HapusCoba matikan sistem AISnya gan
HapusGan, recommend gan, byson ane uda kena vakumnya, mauganti karbu bagusan king atau pe28 yah?
BalasHapusLalu kalo karbu king itu pj dan mj bawaannya brapa gan?
Klo ane sih pk yg king aja gan.
HapusPas dipasang di tempat karbu nya byson.
Pilot jet klo gk salah 17,5 main jet 150 gan.
Oo, jadi pj sama mj nya pakai yg bawaan aja uda bisa gan? Atau perlu diganti?
HapusGanti main jet yg punya byson aja gan.
HapusKlo bawaan king yg 150 brebet jlo digeber.
Itu jadi makin irit atau boros ya gan?
HapusYg ane rasakan irit gan ketimbang yg vakum.
HapusCm ane pk yg main jet byson punya.
Plintiran gas nya enak gan..
Oo brarti pilot jet tetap bawaan karbu kingnya lalu mj nya pakai punya byson ya gan
HapusIya gan...
HapusJgn lupa setting air screw nya gan biar enak tarikan nya
Oiya gan, kabel gas nya pakai yang punya motor apa tu gan?
HapusKlo ane pk yg asli aja gan cm dimodif ujung pentolan nya biar bisa nge-pas masuk ke skep nya.
HapusAsli byson? Bisa tu ya gan?
HapusIya gan yg punya byson dimodif dikit. Cm pentolan nya doang
HapusKlo mau beli aja yg kabel byson yg kw nya biar yg ori disimpen.
HapusOke gan, makasih gan infonya
HapusOk,sm2 gan
HapusSensor tps nya dibiarin aja itu gan?
HapusIya gan.
HapusGpp la klo lampu merah nya nyala.
Ane udh 2 tahunan gk pasang TPS soal nya susah dibuka krn gk ada kunci lepas tps nya.
Hehe
Oke gan makasih infonya, ane mau prg beli bahan" nya dlu
HapusBisa gan di lepas kalo gak ada koncinya....pake tang aja dari samping....
HapusNgk cocok ya gan mjnya byson dipasang ke karbu king
BalasHapusMain jet nya yg kecil gan,gk ikut needle nya
HapusUdah ane pasang tapi kok kalo di gas kejut mau kosong gitu gasnya, lalu mati mesin gan, apa gara" jarum skepnya ane geser ke stelan paling atas ya?
BalasHapusCoba set jarum skep ke bagian tengah aja gan.
HapusTrus jgn lupa settingan air screw nya sebanyak 2,5 kali putaran.
Oke besok ane tes dlu gan, soalnya mj nya ane pakai bawaan karbu, kalo bawaan byson ngk masuk disitu gan
HapusKalau agan punya jarum skepnya stelan ditengah atau atas?
HapusDitengah gan.
HapusPernah coba 1 diatas n 1 di bawah ttp brebet.
Btw,pny agan kok bisa gk masuk ke needle nya king?
Ooke ditengah ya, soalnya ane bikin yg paling atas, uda bisa ini keknha gan, td sama needle nya ndk bisa, lalu itu lubang di karbu yg untuk oli samping mesti ditutup ya gan?
HapusDitutup aja gan,ntr takut masuk yg lain2.
HapusKlo gk masuk coba cari di bengkel yg jual repair kit force1 bukan F1ZR ya gan krn ukuran main jet nya besar sekali.
Oke gan, bsk ane tes dlu, ty gan
HapusTapi kok punya ane kadang, tiba" mau mati mesin kayak suara meletup gitu ya gan dari karbu nya
HapusCoba setting air screw nya gan.
HapusBtw,klo langsam gampang ngidupin nya gan?
Gampang kok, udah ane stel udah mantab gan, btw thx ya gan infonya :3
HapusCuma larinya blm kencang kali gan, apa mesti ganti knalpot juga?
HapusKlo ada modal ya gpp gan.
HapusCm ane udh lebih puas pk nya ketimbang karbu yg lama.
Klo mau ganti CDI aja gan biar terasa lari nya.
Klo ada modal ya gpp gan.
HapusCm ane udh lebih puas pk nya ketimbang karbu yg lama.
Klo mau ganti CDI aja gan biar terasa lari nya.
Ane rncana mau buang itu catalytic, ddipotong aja, biar hemat biaya ngk perlu ganti knalpot
HapusItu pun gpp gan.
HapusMenghemat biaya akibat ganti karbu.
Hehe
Hehehe iya jg tuh gan
HapusGan, udag ane tes speednya kok cuma 105kpj ya gan
HapusMentok di CDI gan.
HapusKlo mau ganti yg racing.
Ane kmrn pk yg racing cm rada gak enak jg gk ada limiter nya takut mesin jebol.
Kmrn tembus 113 kpj
Ooh iya ya gan, oke deh gan
HapusGan, kok tiba" ane punya berasap hitam dikit" ya, lalu di gas rpm agak tinggi suaranya ngook gitu
HapusMain jet kebesaran gan.
HapusCoba cek busi nya hitam basah gak?
Klo iya berarti main jet nya kebesaran.
Dia tiba" aja gitu gan, kmrn" ngak, pas pertama hidup aja, kalp uda jalan uda ngak, apa pengaruh sama selang AIS yang ane tutup mati ya?
HapusGk usah tutup2 lubang AIS nya gan.
HapusAne gk tutup lubang AIS.
semua kembali ke standard,kecuali karburator nya.
Lubang ais nya uda lama ane ttup dah, sblm ganti karbu gan
HapusCoba balikin ke semula gan.
HapusKrn dari pabrikan nya udh di bypass.
Oke gan
HapusKarbu gl pronya pake yang ori apa kw bisa jg gan??? Manifoldnya gmn tuh???
HapusAne pk yg shengwey gan bukan yg keihin.
HapusKlo shengwey ori taiwan.
Manifold sm karbu ane beli online gan di toped.
Lumayan la,kmrn pk yg punya rx king lumayan boros gan.
Ane ganti ke karbu gl
Settingan pj & mjnya gmn gan klo mo pk karbu gl pro??? ane bingung hrus ganti karbu pa yang paling cocok bt si merry ( byson ane) coz yg karbu bawaan dah g bs di stel lg mixture screwny macet cet g bisa siputer sm sx . Jd mesti pasrah dg stelan skrg. Paling cocok apa n paling gampang mana pke karbu rx king( ori / kw), atau pe28, or gl pro or satria fu bt byson. Mohon pencerahannya bro.
HapusEnak pk karbu gl pro gan.
HapusYg KW aja,tp klo mau hasil yg bagus beli yg merek sheng wey gan krn itu ori dari taiwan gk pake KW2an.
Setting air screw jg gampang gan.
Lgsg setting tnp hidup kan mesin jg bisa,kira2 2,5-3 kali putar gan.
Trus klo pk karbu gl,main jet nya ganti bawaan byson aja gan yg 112 itu.
Karbu pe blm pernah nyoba,klo pny rx king rada boros gan krn pny 2 tak itu.
Thanks atas penjelasannya bro. Klo ditambah tabung yeis bukan ais gmn y gan??? Ada ngaruhny g y??
HapusO iya, boleh minta info seller topedny yang jual karburator n intakeny gan???
HapusUntuk karbu https://www.tokopedia.com/zonaehipassiko/karburator-gl-pro-series-pz-26-sheng-wey?utm_source=Copy&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button
HapusManipolnya:
https://www.tokopedia.com/tokoaruaru/yamaha-byson-intake-manipol-pendek?utm_source=Copy&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button
Ok thanks bro
HapusBsyson ane brebet gan stlah ganti karbu pe28 kira" solusinya apa ya
BalasHapusCoba setting air screw nya gan.
HapusBukaan 2,5 putaran biasa nya.
Klo msh brebet berarti mslh spuyer kebesaran klo di putaran bawah gan
Gan, tolong baca punya ane ya Gan. Thx
HapusGan, ane masih pake karbu byson bawaan. Rencana mau ganti karbu king. Sudah beli karbu king kw berikut manifold pendek. Ane mau nanya. Setting PJ MJ nya pake berapa ya Gan, soalnya gak ada nomernya. Terus maunya masih pakai filter aslinya. Nyambung moncong karbu sama filter nya pake apa ya Gan? Mohon pencerahan nya Gan. @Surya Bintang Simanjuntak
BalasHapuspermisi gan,sya rncna mw pke karbu gl pro trs mtor sya byson 2012 pke cdi brt,busi iridium n knlpot f4 ahrs
BalasHapusmhon msukan agan yg prlu dsetting n dganti apa aj ya??trima ksih
Byson ane sudah ganti karbu pake pe28 kw ny kw bgt.. 😀, baru pake 1mingguan sihh..pj/mj pake yang 38/110,,putaran bawah, tengah, atas mantap.. Bro..cdi Brt. Koil standart tp tak lilit tembaga di kabel businya busi iridium atw standar jg bisa..penyakit ngempos ilang.. Pokok e mantap bro..
BalasHapuskarbu pe 28 ane kok copot trus ya dr karet intakenya.....padahal udah dikencengin klemnya....apa harus ganti klem??tolong dong solusinya....smpe ane ganjel pake seal putih yg buat pipa air
BalasHapusKaret inteknya gnt yg luruz gaez,,
BalasHapusErik,,
BalasHapusLow mau pke filter bawaan beli karet filter vespa PX gaez,..tinggal potong sesuai kebutuhn,,,
susah bro carinya.....yg masuk sama byson apa ya yg lurus???denger" punya xeon bisa??apa bener bisa??
BalasHapussusah bro carinya.....yg masuk sama byson apa ya yg lurus???denger" punya xeon bisa??apa bener bisa??
BalasHapusLha mang itek manifol msh bwaan byson,,?punya xeon bs tp agk susah msangnya,coz agk kecil
BalasHapusLow q pke intek manifol tiger buat karbu pe udh ad karetny,tp q grinda disesuaikn sm puny byson,klem nya gnt yg besar jgn bwaan byson?gk muat brow
BalasHapusmasih bwaan byson bro....sayang kalo rubah".....niat ganti karet intakenya aja sih.....slain xeon apa ya yg masuk??
BalasHapuskalo pake punya xeon harus ganti klem juga ga?
BalasHapuskalo pake punya xeon harus ganti klem juga ga?
BalasHapusmasih bwaan byson bro....sayang kalo rubah".....niat ganti karet intakenya aja sih.....slain xeon apa ya yg masuk??
BalasHapusGnti aj bro,,klemny,low punya byson trelalu kecil,,gnt yg stenlis,,tp brp q lupa ukurny,,?kepunyaan byson disimpen low sewaktu waktu dblikin standar lg,
BalasHapusnah itu dia mau ganti ga tau ukurannya ane....... semisalnya msih pake karet bawaan byson ttp ganti klemnya bro??mnta nmr wa deh kalo ada biar ga ribet tanya" bro
BalasHapusnah itu dia mau ganti ga tau ukurannya ane....... semisalnya msih pake karet bawaan byson ttp ganti klemnya bro??mnta nmr wa deh kalo ada biar ga ribet tanya" bro
BalasHapus082247056300
BalasHapusgan nih ane udah ganti pe 28 pj mjnya 38 sama 115 tapi kok masih brebet sama hilang tenaga ya pas putaran atas
BalasHapusJarum klip diposisi berapa Bro? Coba naikin 1 step posisi jarumnya .klo gak pengaruh, coba kecilin pilot jet jadi 35. Main jet biarin aja dulu. Setelah itu setting angin²nya lagi .
Hapusjarum klip udah di posisi n0 2 bang
Hapusganti jarum nya bro pakai glporo
HapusGan, ane mau nanya
BalasHapusNi baru ganti karburator gl, di 7000 rpm kok brebet ya. Mohon bantuannya!
gan..jarum skepnya ganti punya megapro..
BalasHapusgan kalo pakek karbu king..jarum skepnya pakek punya megapro primus
BalasHapusgan.kalo pakek karbu ts.king or special..pengalaman bison saya tahun 2011 sejak 7 bulan pemakain berebet2.ane pakek karbu king..waktu itu gua cuma ngerubah tali gas aja pakek ori.dan untuk jarum skepnya diganti punya tiger or mega pro primus..alhamdllah gan ampe sekarang amann...tapi koilnya saya ganti punya scorpio(kode 5bp)
BalasHapusEnak pake karbu pe apa king ya?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbengkel recommended didaerah jakarta timur pasar rebo buat setting2 karbu pe28 ada yg punya saran?
BalasHapusGan punya ane ko kalo slang ais di buka mesin panas bgd ya kondisi mesin boreup 200cc karbu stndrcdi stndar busi jga hitam basah
BalasHapusGanti karbunya gan.karbu standr gk seimbang sm spek mesin..dh boreup
BalasHapusPermisi gan, byson ane baru ganti karbu keihin kw, diputaran bawah memang enak tarikannya gan, tp kalo diputaran agak tinggi seperti tertahan larinya, itu apanya ya gan? Trus kadang kalo lagi jln pelan suka langsung mati mendadak, tp di idupin lg bisa jln lagi ndan, mohon solusinya gan?
BalasHapusKalau berdasarkan pengalaman. Naikin main jet nya. Berapa tingkat naiknya tergantung kebutuhan mesin. Jangan lupa setel ulang airscrew.(ketahan bukan brebet ya).
BalasHapusGan lampu idikator saya kadang hidup kadang mati ada masalah d mana ya gan
BalasHapusKalau pake pe28 pj 38 dah cocok gan? Soalnya ane pake yg 42 ngembun, trus mj nya pake 110 tp clip paling bawah, mo ganti 115 sekalian...
BalasHapusSaya pakek karbu pe 24 kok brebet" ya gan tolong pencerahannya
BalasHapusKalo diganti karbu tiger bisa gak ya.??
BalasHapusNgganti manipol gak,、?
Bisa aja. Tapi mungkin ada beberapa penyesuaian. Ada plus minusnya. Karbu tiger ada pompa accelerator nya. Tapi minus nya berat. Karna besar. Kenapa tidak pakai PE 28 atau PWK 28? Lebih simpel tapi mengganti kabel gas.
BalasHapusJd, chukx blh nggk usah di pasang. ??
BalasHapus