Selasa, 01 Oktober 2013

MENGGANTI KARBURATOR YAMAHA BYSON (1)

GANTI KARBURATOR

 BYSON


Salam seruduk para pengguna Byson.,
Gua mau share ni seputar Byson gua, yang sejatinya si kebo hanya mampu lari sekitaran 110 kpj aja, tapi dah gua utak-atik nih my kebo.
Dimulai dari ban motor yang gua ganti lebih kecil, ban depan dah gua ganti lebih kecil (gak tau ukurannya).
Terus ban asli depan gua pindah ke velg belakang (buat pengiritan). Dan hasilnya lumayan, dpat menambah kecepatan lah pokokke, tapi buat belok miring agak gleyorrr...,


Yang  kedua gua coba ganti karbu ori yang terkenal lemot dengan karbu pe28 (KWbanget) seharga kira-kira 170 rb-an. Gua cuma perlu ganti kabel gas doank (gak ada perubahan apapun di dalam karburator), tapi hasilnya putaran 4000-5000 rpm brebet parah, lama gua utak-atik, trus ama temen gua PJnya disubal pake kuningan kabel, dan masih agak brebet, terus jarum skepnya gua pindah ke posisi 2 dari atas.
 Lanjut, gua pasang tuh songket dari karbu orinya ke kabel songket, tapi cuma gua cklekk doank, terus kabel chuck gak gua pasang, soalnya malah susah hidup mesinnya, shg gua subal pake filter rokok j***mberikut gambarnya
        






Dan hasilnya tanpa brebet sedikitpun, dan yang lebih penting, ini murah banget, cuma paling 200 rb, tanpa perlu ganti cdi, coil dll. dan hasilnya 129++ km/jam pun mudah banget dicapai.
Mungkin cuma gear ke 3-4, dah sampe 100 kpj,.
Tapi emang bensinnya agak boros, dari rumah gua di candimulyo-muntilan PP habis 1 liter premium. dan juga lampu merah pada spedometer nyala terus.

dah dulu yaa...!! moga dapat bantu sesama penunggang kebo

119 komentar:

  1. Tps yang nempel di karbu vakum lama nya. pasang bro. Custom z. biar ga brebet d smua rpm ampe limit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara pasang tps'y kaya gmana om??? Mohon penjelasan'y soal'y pnya saya brebet trus..

      Hapus
  2. Ia nih, ada yg bilang per nya di tarik spejang panjangnya, trus ada juga yb bilang di potong 5ml aja,, hasilnya tetap nyeset bang,, udah hmpir setahun si kebo brebet terus,, bikin saya hilang percya diri,, mhon bantuanya yg bang...

    BalasHapus
  3. Ia nih, ada yg bilang per nya di tarik spejang panjangnya, trus ada juga yb bilang di potong 5ml aja,, hasilnya tetap nyeset bang,, udah hmpir setahun si kebo brebet terus,, bikin saya hilang percya diri,, mhon bantuanya yg bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai karbu gl pro aja,bro.
      lancar jaya.
      aku udh pakai 2 tahunan n gk ada masalah.
      gk brebet sama sekali.
      main jet nya pakai yg punya byson aja klo mau kebut2an

      Hapus
    2. Itu gl pro yg mana bro?neotech kah?
      Itu tinggal pasang atau ada setung lainny?

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Asumsi saya ganti pj fan mjny sob,kalo saya smntra pake pe 28 nro

    BalasHapus
  6. kalo byson saya 2012 pake pe 28 modif tali gas pake punya king, trus neddle nya di amplas dikit ato pake punya mx juga bisa ato standar ny jg bgus tpi dptong dkit ujung nya dirincingin lgi..alhmdllah dh 5 tahun gas pool mpe 145 tnpa ganti piston ato dll..nb: kain klos pake ninja 150

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran pj n mj yg dpki brp gan,. Trs dptong jarum apa neddlenya gan,.?

      Hapus
  7. Misi agan, mohon bantuannya nih, ane ada kendala.
    Ane baru ganti karbu pake PE 28, tp setelah di pasang kok brebet di putaran bawah (2000-4000an), trus sering nembak waktu lepas gas mau over gigi. Sdh ane coba berbagai cara masih gitu2 aja. Angin ane tutup, soalnya kl dibuka sedikit aja nembaknya makin parah.
    Part yg ane pake CDI BRT Dual Band, Coil Bluethunder, knalpot R9, Blok/silinder ane pake paketan TDR 66mm. Mohon pencerahannya mastah. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti pilot jet dan main jet nya gan.

      Hapus
    2. Dibesarin atau dikecilin gan? Yg skrg ane pake pj/mj=40/115

      Hapus
    3. Sebelumnya ane pake bawakan karbu 42/153, susah hidup, trus ane ganti mj 115 bisa hidup tp brebet + nembak. Trus pilotjet mau ane turunin jd 38, tp di pasar lg kosong, jadi ane coba pake 40, brebet + nembaknya sdh gak separah di 42. Tapi masih gan. Apa harus diturunin lg?

      Hapus
    4. Yg 38 gan.
      Main jet bawaan byson aja gan.

      Hapus
    5. Soalnya 38 di pasar lg kosong gan, ada solusi laen gak?

      Hapus
    6. Cm itu yg ane tau,gan.
      Ganti pilot jet atau main di air screw nya gan.

      Hapus
    7. Oke gan, ane coba lagi cari yg 38, tks pencerahannya gan

      Hapus
    8. Sama2 gan.
      Salam srudukkk

      Hapus
    9. 38 / 120 ,coba aja, Klo brebet di rpm 4000 - 6000, setting Jarum skep nya, coba naik in atau turun in, 👍

      Hapus
    10. Coba matikan sistem AISnya gan

      Hapus
  8. Gan, recommend gan, byson ane uda kena vakumnya, mauganti karbu bagusan king atau pe28 yah?
    Lalu kalo karbu king itu pj dan mj bawaannya brapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ane sih pk yg king aja gan.
      Pas dipasang di tempat karbu nya byson.
      Pilot jet klo gk salah 17,5 main jet 150 gan.

      Hapus
    2. Oo, jadi pj sama mj nya pakai yg bawaan aja uda bisa gan? Atau perlu diganti?

      Hapus
    3. Ganti main jet yg punya byson aja gan.
      Klo bawaan king yg 150 brebet jlo digeber.

      Hapus
    4. Itu jadi makin irit atau boros ya gan?

      Hapus
    5. Yg ane rasakan irit gan ketimbang yg vakum.
      Cm ane pk yg main jet byson punya.
      Plintiran gas nya enak gan..

      Hapus
    6. Oo brarti pilot jet tetap bawaan karbu kingnya lalu mj nya pakai punya byson ya gan

      Hapus
    7. Iya gan...
      Jgn lupa setting air screw nya gan biar enak tarikan nya

      Hapus
    8. Oiya gan, kabel gas nya pakai yang punya motor apa tu gan?

      Hapus
    9. Klo ane pk yg asli aja gan cm dimodif ujung pentolan nya biar bisa nge-pas masuk ke skep nya.

      Hapus
    10. Asli byson? Bisa tu ya gan?

      Hapus
    11. Iya gan yg punya byson dimodif dikit. Cm pentolan nya doang

      Hapus
    12. Klo mau beli aja yg kabel byson yg kw nya biar yg ori disimpen.

      Hapus
    13. Oke gan, makasih gan infonya

      Hapus
    14. Sensor tps nya dibiarin aja itu gan?

      Hapus
    15. Iya gan.
      Gpp la klo lampu merah nya nyala.
      Ane udh 2 tahunan gk pasang TPS soal nya susah dibuka krn gk ada kunci lepas tps nya.
      Hehe

      Hapus
    16. Oke gan makasih infonya, ane mau prg beli bahan" nya dlu

      Hapus
    17. Bisa gan di lepas kalo gak ada koncinya....pake tang aja dari samping....

      Hapus
  9. Ngk cocok ya gan mjnya byson dipasang ke karbu king

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main jet nya yg kecil gan,gk ikut needle nya

      Hapus
  10. Udah ane pasang tapi kok kalo di gas kejut mau kosong gitu gasnya, lalu mati mesin gan, apa gara" jarum skepnya ane geser ke stelan paling atas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba set jarum skep ke bagian tengah aja gan.
      Trus jgn lupa settingan air screw nya sebanyak 2,5 kali putaran.

      Hapus
    2. Oke besok ane tes dlu gan, soalnya mj nya ane pakai bawaan karbu, kalo bawaan byson ngk masuk disitu gan

      Hapus
    3. Kalau agan punya jarum skepnya stelan ditengah atau atas?

      Hapus
    4. Ditengah gan.
      Pernah coba 1 diatas n 1 di bawah ttp brebet.
      Btw,pny agan kok bisa gk masuk ke needle nya king?

      Hapus
    5. Ooke ditengah ya, soalnya ane bikin yg paling atas, uda bisa ini keknha gan, td sama needle nya ndk bisa, lalu itu lubang di karbu yg untuk oli samping mesti ditutup ya gan?

      Hapus
    6. Ditutup aja gan,ntr takut masuk yg lain2.
      Klo gk masuk coba cari di bengkel yg jual repair kit force1 bukan F1ZR ya gan krn ukuran main jet nya besar sekali.

      Hapus
    7. Oke gan, bsk ane tes dlu, ty gan

      Hapus
    8. Tapi kok punya ane kadang, tiba" mau mati mesin kayak suara meletup gitu ya gan dari karbu nya

      Hapus
    9. Coba setting air screw nya gan.
      Btw,klo langsam gampang ngidupin nya gan?

      Hapus
    10. Gampang kok, udah ane stel udah mantab gan, btw thx ya gan infonya :3

      Hapus
    11. Cuma larinya blm kencang kali gan, apa mesti ganti knalpot juga?

      Hapus
    12. Klo ada modal ya gpp gan.
      Cm ane udh lebih puas pk nya ketimbang karbu yg lama.
      Klo mau ganti CDI aja gan biar terasa lari nya.

      Hapus
    13. Klo ada modal ya gpp gan.
      Cm ane udh lebih puas pk nya ketimbang karbu yg lama.
      Klo mau ganti CDI aja gan biar terasa lari nya.

      Hapus
    14. Ane rncana mau buang itu catalytic, ddipotong aja, biar hemat biaya ngk perlu ganti knalpot

      Hapus
    15. Itu pun gpp gan.
      Menghemat biaya akibat ganti karbu.
      Hehe

      Hapus
    16. Gan, udag ane tes speednya kok cuma 105kpj ya gan

      Hapus
    17. Mentok di CDI gan.
      Klo mau ganti yg racing.
      Ane kmrn pk yg racing cm rada gak enak jg gk ada limiter nya takut mesin jebol.
      Kmrn tembus 113 kpj

      Hapus
    18. Ooh iya ya gan, oke deh gan

      Hapus
    19. Gan, kok tiba" ane punya berasap hitam dikit" ya, lalu di gas rpm agak tinggi suaranya ngook gitu

      Hapus
    20. Main jet kebesaran gan.
      Coba cek busi nya hitam basah gak?
      Klo iya berarti main jet nya kebesaran.

      Hapus
    21. Dia tiba" aja gitu gan, kmrn" ngak, pas pertama hidup aja, kalp uda jalan uda ngak, apa pengaruh sama selang AIS yang ane tutup mati ya?

      Hapus
    22. Gk usah tutup2 lubang AIS nya gan.
      Ane gk tutup lubang AIS.
      semua kembali ke standard,kecuali karburator nya.

      Hapus
    23. Lubang ais nya uda lama ane ttup dah, sblm ganti karbu gan

      Hapus
    24. Coba balikin ke semula gan.
      Krn dari pabrikan nya udh di bypass.

      Hapus
    25. Karbu gl pronya pake yang ori apa kw bisa jg gan??? Manifoldnya gmn tuh???

      Hapus
    26. Ane pk yg shengwey gan bukan yg keihin.
      Klo shengwey ori taiwan.
      Manifold sm karbu ane beli online gan di toped.
      Lumayan la,kmrn pk yg punya rx king lumayan boros gan.
      Ane ganti ke karbu gl

      Hapus
    27. Settingan pj & mjnya gmn gan klo mo pk karbu gl pro??? ane bingung hrus ganti karbu pa yang paling cocok bt si merry ( byson ane) coz yg karbu bawaan dah g bs di stel lg mixture screwny macet cet g bisa siputer sm sx . Jd mesti pasrah dg stelan skrg. Paling cocok apa n paling gampang mana pke karbu rx king( ori / kw), atau pe28, or gl pro or satria fu bt byson. Mohon pencerahannya bro.

      Hapus
    28. Enak pk karbu gl pro gan.
      Yg KW aja,tp klo mau hasil yg bagus beli yg merek sheng wey gan krn itu ori dari taiwan gk pake KW2an.
      Setting air screw jg gampang gan.
      Lgsg setting tnp hidup kan mesin jg bisa,kira2 2,5-3 kali putar gan.
      Trus klo pk karbu gl,main jet nya ganti bawaan byson aja gan yg 112 itu.
      Karbu pe blm pernah nyoba,klo pny rx king rada boros gan krn pny 2 tak itu.

      Hapus
    29. Thanks atas penjelasannya bro. Klo ditambah tabung yeis bukan ais gmn y gan??? Ada ngaruhny g y??

      Hapus
    30. O iya, boleh minta info seller topedny yang jual karburator n intakeny gan???

      Hapus
    31. Untuk karbu https://www.tokopedia.com/zonaehipassiko/karburator-gl-pro-series-pz-26-sheng-wey?utm_source=Copy&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button


      Manipolnya:
      https://www.tokopedia.com/tokoaruaru/yamaha-byson-intake-manipol-pendek?utm_source=Copy&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button

      Hapus
  11. Bsyson ane brebet gan stlah ganti karbu pe28 kira" solusinya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba setting air screw nya gan.
      Bukaan 2,5 putaran biasa nya.
      Klo msh brebet berarti mslh spuyer kebesaran klo di putaran bawah gan

      Hapus
    2. Gan, tolong baca punya ane ya Gan. Thx

      Hapus
  12. Gan, ane masih pake karbu byson bawaan. Rencana mau ganti karbu king. Sudah beli karbu king kw berikut manifold pendek. Ane mau nanya. Setting PJ MJ nya pake berapa ya Gan, soalnya gak ada nomernya. Terus maunya masih pakai filter aslinya. Nyambung moncong karbu sama filter nya pake apa ya Gan? Mohon pencerahan nya Gan. @Surya Bintang Simanjuntak

    BalasHapus
  13. permisi gan,sya rncna mw pke karbu gl pro trs mtor sya byson 2012 pke cdi brt,busi iridium n knlpot f4 ahrs
    mhon msukan agan yg prlu dsetting n dganti apa aj ya??trima ksih

    BalasHapus
  14. Byson ane sudah ganti karbu pake pe28 kw ny kw bgt.. 😀, baru pake 1mingguan sihh..pj/mj pake yang 38/110,,putaran bawah, tengah, atas mantap.. Bro..cdi Brt. Koil standart tp tak lilit tembaga di kabel businya busi iridium atw standar jg bisa..penyakit ngempos ilang.. Pokok e mantap bro..

    BalasHapus
  15. karbu pe 28 ane kok copot trus ya dr karet intakenya.....padahal udah dikencengin klemnya....apa harus ganti klem??tolong dong solusinya....smpe ane ganjel pake seal putih yg buat pipa air

    BalasHapus
  16. Karet inteknya gnt yg luruz gaez,,

    BalasHapus
  17. Erik,,
    Low mau pke filter bawaan beli karet filter vespa PX gaez,..tinggal potong sesuai kebutuhn,,,

    BalasHapus
  18. susah bro carinya.....yg masuk sama byson apa ya yg lurus???denger" punya xeon bisa??apa bener bisa??

    BalasHapus
  19. susah bro carinya.....yg masuk sama byson apa ya yg lurus???denger" punya xeon bisa??apa bener bisa??

    BalasHapus
  20. Lha mang itek manifol msh bwaan byson,,?punya xeon bs tp agk susah msangnya,coz agk kecil

    BalasHapus
  21. Low q pke intek manifol tiger buat karbu pe udh ad karetny,tp q grinda disesuaikn sm puny byson,klem nya gnt yg besar jgn bwaan byson?gk muat brow

    BalasHapus
  22. masih bwaan byson bro....sayang kalo rubah".....niat ganti karet intakenya aja sih.....slain xeon apa ya yg masuk??

    BalasHapus
  23. kalo pake punya xeon harus ganti klem juga ga?

    BalasHapus
  24. kalo pake punya xeon harus ganti klem juga ga?

    BalasHapus
  25. masih bwaan byson bro....sayang kalo rubah".....niat ganti karet intakenya aja sih.....slain xeon apa ya yg masuk??

    BalasHapus
  26. Gnti aj bro,,klemny,low punya byson trelalu kecil,,gnt yg stenlis,,tp brp q lupa ukurny,,?kepunyaan byson disimpen low sewaktu waktu dblikin standar lg,

    BalasHapus
  27. nah itu dia mau ganti ga tau ukurannya ane....... semisalnya msih pake karet bawaan byson ttp ganti klemnya bro??mnta nmr wa deh kalo ada biar ga ribet tanya" bro

    BalasHapus
  28. nah itu dia mau ganti ga tau ukurannya ane....... semisalnya msih pake karet bawaan byson ttp ganti klemnya bro??mnta nmr wa deh kalo ada biar ga ribet tanya" bro

    BalasHapus
  29. gan nih ane udah ganti pe 28 pj mjnya 38 sama 115 tapi kok masih brebet sama hilang tenaga ya pas putaran atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarum klip diposisi berapa Bro? Coba naikin 1 step posisi jarumnya .klo gak pengaruh, coba kecilin pilot jet jadi 35. Main jet biarin aja dulu. Setelah itu setting angin²nya lagi .

      Hapus
    2. jarum klip udah di posisi n0 2 bang

      Hapus
  30. Gan, ane mau nanya
    Ni baru ganti karburator gl, di 7000 rpm kok brebet ya. Mohon bantuannya!

    BalasHapus
  31. gan..jarum skepnya ganti punya megapro..

    BalasHapus
  32. gan kalo pakek karbu king..jarum skepnya pakek punya megapro primus

    BalasHapus
  33. gan.kalo pakek karbu ts.king or special..pengalaman bison saya tahun 2011 sejak 7 bulan pemakain berebet2.ane pakek karbu king..waktu itu gua cuma ngerubah tali gas aja pakek ori.dan untuk jarum skepnya diganti punya tiger or mega pro primus..alhamdllah gan ampe sekarang amann...tapi koilnya saya ganti punya scorpio(kode 5bp)

    BalasHapus
  34. Enak pake karbu pe apa king ya?

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. bengkel recommended didaerah jakarta timur pasar rebo buat setting2 karbu pe28 ada yg punya saran?

    BalasHapus
  37. Gan punya ane ko kalo slang ais di buka mesin panas bgd ya kondisi mesin boreup 200cc karbu stndrcdi stndar busi jga hitam basah

    BalasHapus
  38. Ganti karbunya gan.karbu standr gk seimbang sm spek mesin..dh boreup

    BalasHapus
  39. Permisi gan, byson ane baru ganti karbu keihin kw, diputaran bawah memang enak tarikannya gan, tp kalo diputaran agak tinggi seperti tertahan larinya, itu apanya ya gan? Trus kadang kalo lagi jln pelan suka langsung mati mendadak, tp di idupin lg bisa jln lagi ndan, mohon solusinya gan?

    BalasHapus
  40. Kalau berdasarkan pengalaman. Naikin main jet nya. Berapa tingkat naiknya tergantung kebutuhan mesin. Jangan lupa setel ulang airscrew.(ketahan bukan brebet ya).

    BalasHapus
  41. Gan lampu idikator saya kadang hidup kadang mati ada masalah d mana ya gan

    BalasHapus
  42. Kalau pake pe28 pj 38 dah cocok gan? Soalnya ane pake yg 42 ngembun, trus mj nya pake 110 tp clip paling bawah, mo ganti 115 sekalian...

    BalasHapus
  43. Saya pakek karbu pe 24 kok brebet" ya gan tolong pencerahannya

    BalasHapus
  44. Kalo diganti karbu tiger bisa gak ya.??
    Ngganti manipol gak,、?

    BalasHapus
  45. Bisa aja. Tapi mungkin ada beberapa penyesuaian. Ada plus minusnya. Karbu tiger ada pompa accelerator nya. Tapi minus nya berat. Karna besar. Kenapa tidak pakai PE 28 atau PWK 28? Lebih simpel tapi mengganti kabel gas.

    BalasHapus
  46. Jd, chukx blh nggk usah di pasang. ??

    BalasHapus